Welcome To Everythink Inside Blog. This blog has been discontinued by me. I'm sorry I can't resume my updates about WinRAR

Sabtu, 14 Januari 2012

Pro dan Kontra Carrier IQ



Belakangan ini sering dibicarakan mengenai Carrier IQ. Carrier IQ merupakan aplikasi yang berisi tools untuk diagnosis perangkat yang diinstalkan Carrier IQ. Dengan fitur Device Analyzer, Datacard Analyzer, Service Analyzer, Experience Manager, dan Mobile Intellegence, aplikasi ini menjadi sangat dibutuhkan di sebuah perangkat smartphone.




Aplikasi ini berfungsi untuk mengumpulkan semua aktifitas yang ada pada sebuah smartphone Android dan mengirimnya ke pihak ketiga. Sejauh ini, aplikasi ini tidak diinstalkan ke Samsung Galaxy Nexus, Google Nexus One, Nexus S, dan Motorola Xoom. Terkesan tidak member efek negatif apapun bagi penggunanya, namun ternyata tidak.

Awal Kisah

            Sekitar bulan Oktober 2011,  Trevor Eckhard menemukan ternyata Carrier IQ mencatat hal yang tidak semestinya, semisal mencatat setiap sentuhan tombol dan mengirimnya ke server Carrier IQ. Namun Carrier IQ menyatakan bahwa aplikasi tersebut tidak mencatat setiap sentuhan tombola tau menyelipkan aplikasi tracking lainnya. Lalu minggu selanjutnya, Trevor mengirimkan bukti video yang menunjukkan bahwa semua sentuhandicatat. Dan yang lebih parah, aplikasi tersebut tidak dapatdibuang oleh penggunanya. Memang tidak ada bukti Carrier IQ mengirimnya ke server, namun jelas-jelas hal ini telah melanggar privasi dan diluar dari kewenangan aplikasi tersebut .
            Sebenarnya masih banyak hal lain yang tidak dijelaskan seperti kemana data-data yang dikumpulkan dikirim atau info apa yang dikirim ke server Carrier IQ. Saat ini, Carrire IQ telah terinstal lebih dari 140 juta smartphone di dunia. Tidak hanya Android, aplikasi ini juga terinstal di Blackberry dan Symbian.

Reaksi Para Vendor

Ketika Carrier IQ berusaha menjelaskan hal tersebut, beberapa perusahaan sudah mulai membuat jarak dangan Carrier IQ, diantaranya AT&T dan T-Mobile. Sementara Apple sudah merilis pernyataan untuk menghentikan penggunaan Carrier IQ pada iOS 5 dan akan memberikan aplikasi pembuang Carrier IQ dari para penggunanya. HTC mengatakan aplikasi Carrier IQ disematkan bila pengguna menginginkannya dan tidak berpartner sama sekali dengan Carrier IQ. HTC sendiri sedang mencari cara untuk membuang apliksai tersebut dari para penggunanya, meski Trevor dengan HTC Evo 3D miliknya menyatakan aplikasi tersebut tidak dapat dihapus, kecuali jika perangkat itu di hack. Nokia membantah adanya aplikasi carrier IQ di perangkat smartphone keluarannya. RIM juga mengatakan hal yang sama.

Antisipasi

            Jika Anda telah menginstal Carrier IQ pada Android Anda atau curiga dengan keberadaanya di smartphone Anda, ada solusi yang bisa digunakan sebagai langkah antisipasi. Android Market menyediakan aplikasi yang dapat melakukan anisipasi. Beberapa aplikasinya antara lain:

Sekian, Semoga Bermanfaat  J

0 comments:

Posting Komentar

Ingin bertanya? Atau ada saran dan usul mungkin? Silahkan berkomentar di bawah dengan sopan :)

Mencari Aplikasi WinRAR?

HOT NEWS